Jayakan Indonesia 2045

KAMMI Bekasi Sembelih Hewan Qurban Untuk Anak Pemulung Bantar Gebang

BEKASI - Hari Raya Idul Adha telah tiba. Setiap muslim menyambutnya dengan gembira dan suka cita. Santapan lezat daging qurban menjadi menu pelengkap dalam perayaan Idul Adha.


Namun faktanya, tidak semua orang dapat menikmatinya. Masih ada masyarakat yang belum mendapatkan daging qurban saat hari Raya Idul Adha.

Termasuk di salah satu wilayah Kota Bekasi tepatnya di Kp. Ciketing RT 01/ RW 01 Kel. Sumur Batu, Bantar Gebang, sekitar 50 meter dari TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah).
"Tahun ini gak ada yang qurban, ga ada yang nitip hewan, mau dipotong disini," ujar H. Dedi Ahyadi, selaku pemilik TPA Sumur Batu.
Wilayah ini merupakan lokasi Desa Binaan KAMMI Bekasi.

Sejak awal tahun yang lalu, KAMMI Bekasi telah menjalankan program Desa Binaan di tempat tersebut. Khususnya dalam mendidik dan membina anak-anak pemulung.
"Biasanya setiap minggu kegiatan belajar mengajar. Kali ini di momentum Idul Adha kami ingin memberi kebahagiaan dengan berbagi daging qurban," terang Kepala Departeman Ekososmas, Dera Anggiana (22/8).

Sejumlah 2 ekor kambing disembelih menjelang Sholat Dzuhur. Hewan qurban tersebut hasil 'patungan' anggota KAMMI Bekasi yang diniatkan untuk salah satu warga agar berpahala qurban.
Ada sekitar 50 kantong daging yang didistribusikan kepada adik-adik binaan dan masyarakat sekitar kawasan TPA tersebut.

Sementara Ketua Umum KAMMI Bekasi, Egi Gustiana Putra menjelaskan jika kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kebermanfaatan hewan qurban untuk mereka yang lebih membutuhkan. Terlebih di tempat tersebut tahun ini tidak ada yang berqurban.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi Stroy Telling dan Nobar Film kisah Nabi Ibrahim-Ismail.
"Hal ini untuk memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak tentang makna dan pelajaran dari berqurban," tutup Egi. (Humas)

  • Thu, 23 Aug 2018
  • Egistra